Penjualan Token Koin ICO Menarik Keuntungan Risiko Nyata

Apakah ICO siap mengacaukan dunia VC? Spoiler alert: belum.

Saya telah menghabiskan seluruh karir saya dalam melakukan transaksi usaha untuk perusahaan teknologi dan saya tahu penggalangan dana yang baik, buruk dan buruk. Saya juga melihat pemegang saham perusahaan swasta, yang seringkali kecil, terjebak memegang saham perusahaan swasta karena tidak pernah ada cara yang efisien untuk menjualnya.

Penjualan Token mungkin saja mengubah semua itu.

Pada hari-hari buruk (yaitu seperti enam bulan yang lalu), jalur pengembangan untuk perangkat lunak tampak sedikit mirip dengan ini:

Langkah 1: Memasukkan
Langkah 2: Membangun tim dan produk, menghasilkan pendapatan dan basis pengguna yang besar
Langkah 3: Pegang VC untuk membeli ~ 25% ekuitas Anda
Langkah 4: Ulangi langkah 2 dan langkah 3 untuk meningkatkan nilai dan jumlah basis pengguna yang lebih besar sampai Anda dapat menjual perusahaan atau membawanya ke publik.
Penjualan Token (juga dikenal sebagai penawaran koin awal - meskipun pengacara Anda membencinya saat Anda memanggil mereka) tampaknya menawarkan hack yang hebat.

Sementara perusahaan VC berharap dapat melihat produk yang berfungsi sebelum berinvestasi, beberapa perusahaan perangkat lunak mengumpulkan jutaan dolar untuk membeli kertas putih. Dan sementara tidak setiap proyek merupakan pilihan yang jelas untuk blockchain, perusahaan efek jaringan tertentu yang dulu mengandalkan skala untuk menarik VC adalah proses hubungan arus pendek dengan menjual token saja - dalam beberapa kasus meningkatkan nilai 10x dalam 1/10 waktu.

Matematika terbalik itu memiliki banyak firma dan investor yang berjuang untuk mengetahui apakah mereka harus masuk terburu-buru token.

Keuntungan dan resiko

Token memiliki beberapa keuntungan yang menarik atas pembiayaan ekuitas konvensional baik untuk emiten maupun pembeli:

Jika bukan keamanan (dan itu adalah $ 64 miliar "jika"), Anda dapat melakukan penawaran umum dengan pers. Undang-undang sekuritas membatasi sebagian besar pembiayaan usaha tradisional hanya untuk investor terakreditasi dan melarang pemasaran secara terbuka untuk menaikkan permintaan. Jika penawaran dibuka kepada siapa saja yang memiliki koneksi internet, mungkin akan mendemokratisasikan investasi dengan cara yang sama dengan Facebook mendemokratisasikan editor berita (untuk lebih baik DAN untuk jauh lebih buruk). Ini juga bisa melepaskan ekor panjang pembeli eceran - walaupun pasti ada diskusi kebijakan mengenai apakah itu hal yang baik.
Token bersifat cair. Selama ada pertukaran kripto yang berfungsi, token jauh lebih likuid daripada saham perusahaan swasta. Dan karena pasar kripto lebih transparan, sebenarnya Anda bisa melihat harga aset global mendekati real-time. Pasar ekuitas perusahaan swasta kurang lebih sama sekali tidak likuid. Transaksi yang terjadi biasanya rumit, lamban dan relatif besar.
Tapi, dan itu besar tapi ...

Bisa jadi sangat tidak efisien pajak bagi emiten. Ketika sebuah perusahaan menjual ekuitas untuk mengumpulkan uang, perusahaan tersebut tidak membayar pajak penghasilan atas hasil penjualan tersebut. Ketika sebuah perusahaan mengumpulkan uang melalui penjualan token, hasilnya diperlakukan sebagai pendapatan, dan karena itu tunduk pada pajak. Di A.S., Anda akan mengharapkan untuk membayar kira-kira 40 persen dari setiap dolar yang terangkat. Sementara beberapa penjualan dapat terstruktur melalui badan bebas pajak dan / atau di luar negeri, penataan struktur lebih mahal, lebih rumit dan lebih berisiko daripada pembiayaan usaha tradisional.
Emiten memiliki sedikit kepastian hukum (misalnya, Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda melanggar hukum, namun ketidaktahuan tidak akan menjadi pertahanan). Bahkan setelah Securities and Exchange Commission (SEC) membebani dengan "Release No 81207/25 Juli 2017: Laporan Investigasi Berdasarkan Bagian 21 (a) dari Securities Exchange Act of 1934: DAO," disana Masih ada ketidakpastian yang signifikan mengenai apakah sebuah token adalah keamanan. SEC menolak memberikan tes garis terang, namun menekankan bahwa setiap penjualan harus dipertimbangkan secara terpisah.
Untuk lebih memperumit masalah, sementara fokus sampai saat ini berada di posisi SEC, SEC bukanlah satu-satunya aktor potensial dalam menegakkan undang-undang sekuritas. Pengacara penggugat, komisaris jenderal negara bagian dan komisaris negara sekuritas semuanya akan menaruh minat aktif pada penjualan ini. Sebagai tanggapan atas ketidakpastian peraturan, kami melihat proyek seperti Filecoin secara sukarela memilih untuk menjalankan penawaran SAFT sesuai dengan Peraturan 506 (b) dan Peraturan 506 (c) untuk penjualan pra-penjualan dan penjualan publik mereka masing-masing (hanya investor terakreditasi).

Jika emiten mencoba untuk "melakukannya dengan benar," penjualan token adalah (seperti yang sekarang) lebih lambat dan lebih mahal daripada menaikkan ekuitas.
Banyak proyek yang menyediakan dokumen persyaratan penjualan mereka, yang berbunyi seperti prospektus mini-IPO. Mempersiapkan satu adalah usaha spesifik fakta yang perlu disesuaikan dengan masing-masing proyek. Ini membutuhkan biaya.
Karena penjualan token ini sering merupakan penawaran global, emiten yang menghindari risiko memilih untuk menjalankan analisis peraturan dan pajak untuk setiap yurisdiksi yang mungkin mereka jual (misalnya, Jepang, Kanada, Jerman) dan juga A.S. Ini memerlukan lebih banyak uang.
Anda adalah pemegang token dan Anda kehilangan kunci pribadi? Baiklah. Dalam pembiayaan konvensional, penerbit adalah pihak ketiga yang terpercaya. Jika Anda kehilangan sertifikat saham Anda, penerbit akan selalu memberikan yang baru jika Anda bersumpah bahwa Anda benar-benar kehilangannya. Tapi jika Anda kehilangan kunci pribadi untuk dompet Anda atau jika dompet Anda dikompromikan, welp ... itu menyebalkan.
Sementara itu aksiomatis bahwa "pihak ketiga yang dipercaya adalah lubang keamanan," menurut pengalaman saya, sering ada lubang keamanan lain, dan berada di antara kursi dan keyboard. Dompet multi-sig dan inovasi lainnya dapat membantu menumpulkan risiko kehilangan pada pemegang token, dan orang mungkin lebih berhati-hati dengan aset tersebut jika mereka tahu tidak ada sumpah pink dalam kripto, namun hanya waktu yang akan memberi tahu. Satu hal yang kita tahu pasti adalah bahwa tidak ada "surat pernyataan kripto yang hilang."
Model pembiayaan tanpa VC?

Tapi mari kita asumsikan bahwa pasar merasa nyaman dengan kekurangan di sekitar penjualan token; SEC memberikan panduan yang jelas bahwa penjualan token bukan penawaran sekuritas, dan penjualan token publik menggantikan pembiayaan usaha konvensional - setidaknya untuk beberapa perusahaan perangkat lunak tertentu. Di dunia masa depan, pemodal ventura akan benar-benar disintermediasi, bukan?



Aku tidak begitu yakin tentang itu. Dana ventura sudah menyediakan sesuatu dari fungsi kurasi di Wild West dari penjualan token. Filecoin terutama (dan bukan tanpa kontroversi) menjalankan penjualan pra-penjualan dengan sejumlah dana usaha papan atas yang berpartisipasi. Demikian juga, Bancor memuji keterlibatan Tim Draper dengan penjualan token. Benar atau salah, partisipasi dana tertentu dalam penjualan token tampaknya memberi sebuah proyek sebuah cap legitimasi.

Meskipun anekdotal, saya melihat orang-orang (termasuk saya sendiri) tertarik pada penjualan token yang tidak memiliki daging teknis untuk mengevaluasi kertas putih. Bukti dari masa depan terdengar menakjubkan, tapi jujur ​​saja, saya tidak tahu apakah "tuple algoritma waktu polinomial" adalah pendekatan yang tepat untuk masalah ini karena saya tidak tahu apa itu "tupel algoritma waktu polinomial " aku s.

Tetapi jika saya tahu bahwa dana usaha yang mendukung perusahaan yang membangun internet mendukung proyek blokir tertentu, maka mungkin saya akan tunduk pada pendapat mereka mengenai algoritme waktu polinomial.

Fenomena penjualan token memiliki potensi yang luar biasa, namun masih dalam masa pertumbuhan. Saya bisa membayangkan pasar token global sejajar dengan pasar ekuitas konvensional dengan likuiditas dan kecepatan eksekusi yang sama.

Tentu, penjualan token memiliki perawatan pajak yang buruk, struktur peraturan yang meragukan dan undang-undang hukum yang mengerdilkan pembiayaan usaha konvensional, namun ini adalah rasa sakit yang tumbuh di pasar yang baru lahir.

Akankah token sales akhirnya menggantikan pembiayaan usaha tradisional? Investor tingkat atas dari Andreessen, DFJ, Sequoia dan Union Square telah menempatkan taruhan yang mungkin mereka dapatkan.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment